Preloader Close
KantorJl.Halmahera RT.07 No.89 Tarakan
Sen - Sab08.00 s/d 17.00
20
Apr

Logistik: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan 4 Perannya dalam Perusahaan

Kamu pasti sudah tidak asing jika mendengar kata logistik, tetapi apakah kamu sudah tau apa itu logistik? Secara umum, biasanya logistik dikenal sebagai pekerjaan yang berkaitan dengan penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan serta penghapusan suatu barang atau alat tertentu. Logistik menjadi penting karena bersangkutan dengan suatu barang atau alat yang membantu kinerja atau pekerjaan pada sebuah perusahaan tertentu.

Tanpa berbasa basi lebih panjang lagi, kamu pasti sudah sangat penasaran dengan apa itu logistik, tujuan, manfaat serta perannya dalam sebuah perusahaan. Mari simak artikel berikut ini.

Apa itu logistik?

Tempat penyimpanan dan cek kualitas produk. (sumber: pexels)

Logistik mengacu pada keseluruhan proses pengelolaan bagaimana sumber daya disimpan, diperoleh, dan diangkut ke tujuan akhir. Manajemen logistik melibatkan identifikasi calon distributor dan pemasok serta menentukan efektivitas dan aksesibilitasnya. Manajer logistik disebut sebagai ahli logistik.

Pada awalnya, logistik adalah istilah berbasis militer yang digunakan untuk merujuk pada bagaimana personel militer memperoleh, menyimpan, dan memindahkan peralatan dan persediaan. Istilah ini sekarang digunakan secara luas di sektor bisnis, terutama oleh perusahaan di sektor manufaktur, untuk merujuk pada bagaimana sumber daya ditangani dan dipindahkan di sepanjang rantai pasokan.

Logistik menurut para ahli

Logistik menurut beberapa ahli. (sumber: pexels)

1. Burg dalam Lysons

Burg berpendapat bahwa pengertian logistik adalah suatu integrasi dalam hal pengadaan, transportasi, manajemen persediaan, serta kegiatan pergudangan yang menyediakan atau atau metode berbiaya yang efektif dalam memenuhi keperluan konsumen, baik itu dalam internal maupun eksternal.

2. Christopher

Christopher mengatakan bahwa pengertian logistik adalah suatu proses yang dilakukan secara strategis dalam mengelola pengadaan, pergerakan, penyimpanan material suku cadang serta barang jadi, dan aliran informasi terkait dengan organisasi melalui jaringan pemasarannya, dalam prosedur dimana profit perusahaan, baik untuk saat ini ataupun di masa depan bisa dimaksimalkan seefektif mungkin.

3. Donald Walters

Donald Walters menjelaskan bahwa pengertian logistik adalah fungsi yang lebih melibatkan alur perpindahan, mengatur perpindahan suatu produk, menyimpan material dalam perjalanan, dan pengirim awal dengan rantai pasok sampai di tujuan pelanggan akhir.

4. Yolanda M. Siagian (2005)

Logistik didefinisikan sebagai bagian dari proses rantai suplai (supply chain) yang berfungsi merencanakan, melaksanakan, mengontrol secara efektif, efisien proses pengadaan, pengelolaan, penyimpanan barang, pelayanan, dan informasi mulai dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen.

Tujuan dan manfaat logistik

Sistem logistik yang menjaga kualitas barang dan utilitas tempat serta waktu. (sumber: pexels)

Jika kita membicarakan tentang tujuan logistik, tidak lain tidak bukan adalah untuk mendapatkan barang dengan waktu, jumlah, dan kondisi yang tepat dengan biaya yang lebih efisien.

Tujuan logistik juga dapat kita bagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Tujuan operasional

Tujuan operasional adalah tujuan yang terkait dengan stok barang dimana harus mencukupi untuk beberapa waktu kedepan. Tujuannya untuk memiliki stok yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat menghindari terjadinya kekurangan barang maupun kelebihan barang.

2. Tujuan keuangan

Sesuai dengan namanya, tujuan keuangan logistik adalah meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Dengan mengoptimalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan logistik, misal pengadaan, penerimaan, penyimpanan serta yang lainnya, maka pengeluaran akan lebih hemat.

3. Tujuan keamanan

Keamanan suatu produk atau barang adalah prioritas utama. Maka dari itu, logistik memiliki standar untuk keamanan sebuah produknya masing-masing. Mulai dari packing barang atau tempat penyimpanan barang yang harus dijaga keamanannya demi menghindari rusaknya suatu barang atau produk tertentu. Begitupun dengan alat transportasi yang digunakan juga perlu diperhatikan keamanannya untuk meminimalisir kerusakan barang saat perjalanan.

Adapun manfaat logistik untuk perencanaan dan pemenuhan kebutuhan konsumen, sebagai tempat penyimpanan dan perawatan sebelum pengiriman. Berikut adalah beberapa manfaat logistik yang perlu kamu ketahui:

  • Logistik sebagai tempat penyimpanan suatu produk
  • Pemenuh kebutuhan
  • Pemelihara kualitas suatu produk
  • Distribusi lebih efektif
  • Meminimalisir biaya pengeluaran

Dari manfaat di atas menandakan bahwa logistik memiliki peran penting dalam sebuah distribusi produk untuk suatu perusahaan.

4 Peran logistik dalam sebuah perusahaan

Pentingnya logistik dalam sebuah perusahaan. (sumber: pexels)

Logistik dalam sebuah perusahaan merupakan hal penting untuk menjadi berjalannya sebuah transaksi. Berikut adalah peran penting logistik dalam sebuah perusahaan:

1. Efisiensi distribusi

Dalam sebuah perusahaan, pengiriman pada tempat yang tepat, waktu yang tepat, produk yang tepat adalah sebuah hal penting untuk memikat para konsumen agar menjadi pelanggan yang setia. Maka dari itu, peran logistik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi distribusi.

2. Berorientasi pada pemasaran

Logistik juga memiliki peran penting dalam melakukan pemasaran. Selain untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, logistik juga memiliki peran untuk memikat serta kepuasan setiap konsumennya.

3. Menjaga kualitas produk

Selain melakukan pengiriman, logistik juga berperan dalam menjaga kualitas produk sebuah perusahaan sehingga dapat membuat konsumen terpikat dengan produk tersebut.

4. Ekonomis

Tentu saja sebuah perusahaan akan mementingkan efisiensi dan kualitas sebuah produk. Dengan efisiensi dan biaya yang murah, sebuah perusahaan mampu memberikan produk yang berkualitas untuk kepuasan konsumen. Maka dari itu, sistem logistik yang satu ini sangat penting untuk bersaing dengan kompetitor lain.

Demikianlah penjelasan tentang logistik yang dapat disimpulkan. Logistik memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan yang berhubungan langsung dengan produk dan konsumen.

Sumber : ekrut.com

About Author

Leave A Comment